BERSIHATI Desa Baturinggit

Selamat Datang Sekilas Tentang Kami

Agenda Kegiatan

Jadwal dan agenda kegiatan pada Desa Baturinggit

Selengkapnya

Berita

Baca berita terkini seputar Desa Baturinggit.

Selengkapnya

Wisata

Daftar destinasi dan lokasi wisata Desa Baturinggit.

Selengkapnya

SEJARAH

Desa Baturinggit adalah Pemekaran dari Desa induk yaitu Desa Kubu. Desa Baturinggit lahir dari suatu proses perjuangan panjang dari para tokoh masyarakat, pemuda dan pegawai yang waktu itu masih menjadi bagian dari Desa Kubu.
Setelah melalui perjuangan panjang akhirnya disahkan pada tahun 1991 Desa Baturinggit lepas dari Desa Kubu menjadi Desa Persiapan Baturinggit, dan Baturinggit, dan dikeluarkannya SK Bupati yang menetapkan Desa Baturinggit sebagai Desa Difinitif, dan perbekelnya dijabat oleh Perbekel Desa Persipan yaitu Bapak I Made Putra.alm dari tahun 1991-1994. 
Kemudian pada tahun 1994 pertamakalinya dilakukan pemilihan perbekel secara langsung, dijabat oleh Bapak I Gede Suartaka Periode 1994-2002. Tahun 2002-2003 PJS dijabat secara langsung oleh beliau. Pemilihan perbekel kedua pada tahun 2003 dan dijabat oleh Bapak I Ketut Sardi, SH periode 2003-2008. Pemilihan perbekel ketiga dilaksanakan pada tahun 2008 dan dijabat oleh Bapak INengah Wangi Periode 2008-2014. Di Desa Baturinggit yang hingga saat ini di dalamnya msih terkandung berbagai potensi pertanian dan seni, adat-istiadat, budaya serta nilai-nilai kegotongroyongan dan patriotisme.

GAMBARAN UMUM

Desa Baturinggit adalah salah satu dari 9 (Sembilan) Desa di Kecamatan Kubu yang berjarak 1 Km dari pusaat Kecamatan Kubu denagn jarka tempuh pejalanan kendaraan kurang lebih 15 menit. 
Desa Baturinggit memilki Luas Wilayah ±1.825.150 ha yang terdiri dari:
No
Wilayah Menurut Penggunaan
Luas (ha)
1
persawahan
-
2
perkebunan
1.819.218
3
pekarangan
4.448
4
Prasarana Umum lainnya
1.500

Total
1.825.150
Dari luas wilayah tersebut sebagian besar merupakan tanah pekarangan, perkebunan, persawahan, dan prasarana umum lainnya. Desa Baturinggit merupakan daerah landai dan perbukitan terletak di ketinggian 150 meter dari permukaan laut dan terletak di dataran tinggi 192 Ha, sedangkan keadaan tanah di Desa Baturinggit adalah kritis damapi subur dan jenis tanahnya termasuk  ke dalam tanah berpasir, dengan curah hujan sekitar 6 tahun dengan rata-rata hari hujan sebanyak 180 hari hari hujan dan suhu udara rata-rata wilayah Desa Baturinggit pada keadaan normal berkisar antara 30o sampai 35dengan fluktuasi rendah antara siang dan malam hari, yang mana kondisi iklim tersebut sangat ideal untuk usaha perkebunan dan kehutanan dengan batas-batas wilayah:
a. Sebelah Utara        : Laut Bali
b. Sebelah Timur        : Desa Kubu
c. Sebelah Selatan      : Gunung Agung
d. Sebelah Barat         : Desa Sukadana

VISI KAMI

“Mewujudkan Desa Baturinggit yang Bersih Sehat Tertib Indah BATURINGGIT BERSEHATI”

MISI KAMI

Dalam mewujudkan Visi desa Baturinggit  “BATURINGGIT BERSEHATI” tentunya diperlukan langkah nyata berupa misi sehingga apa yang menjadi harapan dapat terwujud. Adapun yang menjadi Misi adalah sebagai berikut:
  1. Mencipkatan dan mempertahankan serta menumbuhkembangkan suasana yang aman dan tertib dalam kehidupan masyarakat dengn mengoptimalisasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk dapat lebih berperan aktif melalui pelatihan, pembinaan secara berkala, dan mendorong serta ikut berpartisipasi supaya peran serta Pos Kamling yang ada di setiap Banjar secara swakarsa menjaga lingkungannya masing-masing semakin meningkat.
  2. Melakukan koordinasi, kamunikasi dan kerja sama yang optimal dengan lembaga adat (Desa Adat, Banjar Adat, Subak/Subak Abian, Sekehe Gong/Baleganjur, Sekehe Santhi dll.) sehingga dapat dibangun guna bersam-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif. Melalui lembaga adat tersebut di atas kami di Pemerintah Desa menjalin kerja sama agar budaya yang kita miliki tidak punah diupayakan agar tetap lestari, berkembangan terus.
  3. Mengglai, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya, adat istiadat serta  tumbuh dan berkembangnya rasa keyakinan dan keparcayanaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan selalu berpedoman pada falsafah “Tri Hita Karana”.
  4. Memberikan pelayanan yag optimal oleh Perbekel dan Perangkat Desa kepada semua pendapat, masyarakat tanpa membedakan golongan, status, pendidikan secara adil dna bijaksana.
  5. Memberikan pelayanan yang optimal oleh Perbekel dan Perangkat Dea kepada semua masyarakat tanpa membedakan golongan, status, pendidikan secara adil dan bijaksana.
  6. Memberikan ruang yag seluas-luasnya kepada masyarakat untuk secara jujur memberikan pendapat, saran/kritik, masukan tanpa merasa tertekan oleh siapapun juga sehingga suasana demokratis selalu terasa di setiap pertemuan-pertemuan, musyawarah dimana pun di wilayah Desa Baturinggit.
  7. Mendorong dan menfasilitasi agar masyarakat dapat meningkatkan kegiatan, kreativitas dan inovasinya dengan membantu dan memperjuangkan program-program Pemerintahan, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerinytah Daerah Kabupaten agar cair ke Desa Baturinggit, serta berupaya mencarikan akses agar program di Desa dan di masyarakat dapat terealisasi, maka sangat penting membuka kamunikasi ke pejabat-pejabat pemerintah dengan mengedepankan hidup ini sebuah realita bukan idialisme semata yang terkadang membentur tembok batu karang, idealis tetap perlu tapi proporsional sesuai ruang dan waktu.

Berita Terkini

Update kumpulan berita Desa Baturinggit.

Saatnya Berlebaran Ala Desa Kreatif

08/06/2018 15:15 22

Bukan rahasia lagi, setiap menjelang lebaran tiba maka semua orang tua akan

Selengkapnya...

Program Dana Desa Entaskan 5.000 Desa Tertinggal

08/06/2018 15:19 27

Hingga saat ini Program Dana Desa diperkirakan telah mengentaskan lebih dari 5000

Selengkapnya...

Pantai Baturinggit

13/06/2018 18:45 13

Datang dan nikmati keindahan panorama Pantai Baturinggit

Selengkapnya...